TUBI


TUBI artinya tumpeng newbie, kenapa dinamain ini soalnya gw sebelumnya sama skali blum pernah bikin nasi tumpeng , kalau bikin tumpah makanan sih pernah😆

kita mulai bahas dari pembuatan nasi tumpengnya dulu ya

NASI TUMPENG :

  • nasi
  • beras ketan
  • daun pandan, daun salam, daun jeruk, sereh, kunyit
  • santan
  • jeruk nipis

cara membuatnya :

  • campur 100gr beras ketan untuk setiap pembuatan 500gr beras..rendam campuran beras dan ketan kemudian kukus sampai setengah matang
  • masak santan, lalu masukkan kunyit, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk sampai matang
  • kemudian siramkan air santan yang sudah dimasak tadi ke beras yang sudah dimasak setengah matang. aduk sampai rata dan tambahkan perasan jeruk nipis
  • kemudian kukus kembali beras sampai matang

sembari nungguin nasinya mateng, kita siapin isi tumpeng sama hiasan buat nampahnya..

kalo kmaren ini gw bikin isi tumpengnya perkedel, peyek udang, ayam balado, pecel, kering tempe, sama telor kutu alias telor puyuh rebus😆

Peyek Udang :

  • tepung beras
  • udang
  • kemiri, kunyit, bawang putih, merica, garam (haluskan semuanya)
  • daun jeruk di iris halus

cara membuatnya:

  • campur tepung dengan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan air dan daun jeruk
  • kemudian siapkan minyak untuk menggoreng, ambil 1 sendok adonannya kemduan taruh 2 udah diatasnya dan masukkan ke dalam penggorengan, angkat, dan tiriskan

Perkedel :

  • kentang
  • bawang putih haluskan
  • merica
  • garam
  • bawang goreng
  • merica, garam, seledri
  • daging kornet

cara membuat :

  • goreng kentang, lalu haluskan dan adukkan bersama merica, bawang goreng, seledri, bawang putih halus, dan daging kornet
  • kemudian bentuk bulat-bulat dan celupkan ke dalam putih telur dan goreng hingga matang

Pecel:

  • kangkung
  • toge
  • kacang panjang
  • kol
  • tahu

cara membuat :

  • rebus kacang panjang, toge, kol, dan kangkung kemudian tiriskan
  • lalu goreng tahu dan potong kotak
  • siapkan bumbu pecel dan caampur dengan air sampai agak kental
  • lalu siram bumbunya ke atas sayuran

Kering Tempe :

  • tempe
  • lengkuas
  • cabe rawit
  • bawang merah
  • bawang putih’
  • garam, gula jawa

cara membuat :

  • potong tempe tipis2 dan goreng hingga garing
  • lalu tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan lengkuas yang sudah dikeprak, gula jawa, cabe rawit utuh, dan sedikit air, lalu masak hingga kering dan mateeeng deh😉

n the last,

Ayam Balado :

  • ayam potong 8
  • bawang putih
  • garam
  • jeruk nipis
  • cabai merah besar, dan bawang merah (ulek kasar)
  • asam jawa

cara membuat :

  • lumuri ayam yang sudah dibersihkan dengan jeruk nipis, beri bawang putih, dan goreng hingga garing
  • kemudian masak sambalnya, panaskan minyak, masukkan sambal dan bawang merah beri garam dan sedikit asam jawa
  • ketika sambal sudah agak matang masukkan ayam gorengnya dan aduk hingga sambelnya merata

kalau nasinya sudah matang langsung masukkan ke dalam cetakan tumpeng dan taruh di nampah atau wadah yang sudah disiapkan, kemudian tinggal letakkin lauk2nya dan dihias-hias deh😀 sebenernya kmaren mau fotoin langkah2nya mulai dari awal sampe akhir tapi bener2 gak keburu dan lupa buat foto2 gara2 waktunya mepet banget dan ternyata bikin ginian lumayan lama..dari jam 7 pagi sampe jam1an ini baru selesai masak2nya…huaaaaaaaa tapi puas banget rasanya kalau tumpengnya udah selesai dengan selamat😀

selamat berkreasi…😉

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: