apa itu “masak” ?

apa sebenernya arti memasak?

Kalau menurut wikipedia dan beberapa artikel yang saya baca memasak adalah proses / kegiatan menyiapkan makanan mulai dari melilih bahan, mencampur bahan dengan urutan tertentu sehingga menghasilkan masakan untuk dimakan.

Tapi kalau menurut saya  memasak itu bagaikan ketika seorang ilmuwan berada di dalam laboratorium. sebelum kita masuk ke dalam laboratorium itu (dapur) kita harus mempersiapkan bahan2 yang dibutuhkan untuk membuat sebuah ramuan (masakan) alias belanja / pergi ke pasar swalayan maupun pasar tradisional ataupun beli di tukang sayur yang lewat di depan rumah😀 Bagi saya berbelanja bahan-bahan untuk masakan LEBIH MENGASYIKAN dibanding belanja baju, sepatu, dll. Entah kenapa saya lebih suka milih2 sayur, daging, ayam, bumbu, dll..apa hormon emak2 dalam diri saya berlebihan atau gimana ya? gatau juga deh😀

nah ketika semua bahan yang diperlukan sudah siap mulailah kita memasuki laboratorium kita alias dapur untuk meramunya menjadi sebuah masakan yang dapat dinikmati. dalam proses membuat ramuan itu kita juga tidak bisa asal2an masukin bahan2nya. Kita harus tau dulu bahan mana yang cepat masak dan mana yang agak lama matangnya agar kita tau mana bahan yg didahulukan masuk dan mana yang dimasukkan belakangan. selain itu kita juga mesti tau takaran bumbu2 yang pas untuk mencampurnya ke masakan yang kita buat. lalu kita juga mesti tau apakah masakan kita sudah matang atau belum. dulu waktu saya masih kecil, ketika membantu mama saya masak sayur atau masak rendang/gulai di dapur, saya sering disuruh mama saya untuk memasukkan garam ke dalamnya. Entah apa maksudnya, apa karna mama lagi menyiapkan masakan yg lain atau memang sengaja menyuruh saya belajar memasak sedikit2😀 tapi setiap disuruh memasukkan garam ke dalam masakannya saya selalu ragu dan gak PD. pasti saya bertanya dulu sama mama saya “ma,segini udah cukup belum” sambil menunjukkan garam yg saya ambil dengan sendok teh. lalu mama keseringan menjawab “iya, dicicip dulu aja”. semakin sering saya memasukkan garam ke dalam masakan yang mama saya buat, akhirnya saya terbiasa dan lama2 di otak saya kayak udah otomatis aja kalau melihat masakan segitu banyak di panci, saya sudah tau brapa banyak garam dan bumbu yang dibutuhkan dan begitu seterusnya. urusan garam selesai, kemudian saya disuruh mengaduk2 rendang setiap mama saya masak rendang pasti banyaknya minta ampunnn..udah kayak mau ngasih rendang buat 1 kelurahan, disitu saya tau akhirnya kalau kita masak pakai santan maka harus sering2 diaduk dan ga boleh ditinggal kelamaan karena bisa “pecah santan”. Nah..sesudah itu saya disuruh memasak ayam. darimana saya tau kalau tuh ayam udah mateng apa masih setengah mateng..kata mama saya “coba kamu liat tulang ayamnya kalau udah keliatan itu ayamnya udah mulai mateng” (misal tulang yg di paha bawah yg tadinya ketutupan daging semua kan tuh, kalau dagingnya dah mulai keangkat dan tulangnya mulai keliatan berarti dah mau mateng) dan masi banyak lagi yang diajarin mama saya ketika saya masih kecil ketika saya suka ikut2an nimbrung di dapur sama dia😀

saking terobsesinya pengen bisa masak dari kecil, dulu pas diajak ke bandung pas saya masih SD kan ada yg jual mainan masak2an mini di depan kebun binatang bandung, ada kompor2an, panci, dll. saya minta dibeliin itu, akhirnya pas sampe di hotel saya ga berkutik kemana2. soalnya saya udah cukup senang main gituan berjam2..padahal yang dimasak cuma daun2an yang nemu di taman😀

Mungkin hobby masak itu dipandang orang2 sebagai hobby yang biasa, tapi emang itulah hal yang paling saya sukai, karena setelah masakan itu jadi, dan dimakan oleh orang2 yang kita sayang kemudian mereka kenyang, puas, apalagi kalau bilang masakan kita enak, waaah rasanya gimana gitu kayak ada kepuasan tersendiri deh😀

Sekian cuap2 dari saya…semoga masakan saya ini gak cuma sekedar jadi konsumsi untuk dapur pribadi saya aja, semoga suatu saat nanti bisa jadi masakan yang dicicipin oleh lidah semua orang dan memberi saya penghasilan ke depannya nanti😀 Amiiiin🙂 doaiiiin yaaa😉

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: